LAKUKAN INI UNTUK MENGATASI TOMBOL KEYBOARD LAPTOP TIDAK BERFUNGSI

BAGAIMANA CARA MENGATASI TOMBOL KEYBOARD TIDAK BERFUNGSI

Ini nih yang jadi sebuah permasalahan selama ini, ketika kita sedang asyiknya bekerja atau mengejakan tugas sekolah. Tiba-tiba keyboard tidak berfungsi dengan baik, atau bahkan ada beberapa tombol yang tidak bisa ditekan. Hmmmm… pasti jadi sebuah penghancur mood kan ya?? 
Eitttssss…. Stop… jangan khawatir dulu, karena ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasinya.


Yuk disimak… !!!

Hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut.
  1. Periksa keyboard anda dengan cermat dan pastikan tidak ada kotoran atau batu yang menempel atau masuk ke dalam sela-sela tombol keyboard. Apabila ditemukan kotoran atau batu kecil lakukan pembersihan dengan menggunakan kuas kecil. Setelah itu coba operasikan keyboard anda. Akan tetapi, jika keyboard anda masih belum bisa berfungsi dengan baik, maka lakukan langkah selanjutnya.
  2. Lepaskan keyboard dari laptop. Lepaskan dengan secara hati-hati dan bertahap.
  3. Lepaskan pengait dan rangkaian pada keyboard dengan hati-hati. 
  4. Periksa kondisi penekan tombol keyboard yang tidak berfungsi saja, misal tombol keyboard yang tidak berfungsi huruf, A, C, D, maka fokuskan hanya pada tombol-tombol tersebut saja. Apabila rusak ganti dengan yang baru.
  5. Periksa kondisi soket penekan tombol keyboard yang tidak berfungsi, apabila rusak lepaskan soket tersebut, kemudian diganti dengan yang baru. *jika telah dilakukan pemeriksaan ternyata soket keyboard dalam keadaan baik, maka letak kerusakan pada jalur rangkaian keyboard.
  6. Untuk mengetahui jalur yang putus gunakan multimeter kemudian sambungkan menggunakan kabel serabut yang tipis.
  7. Setelah selesai, kembalikan semua pengait dan rangkaian keyboard, pasang kembali pada laptop selajunya hidupkan laptop dan ujilah fungsi keyboard anda.


Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan jika mengalami problems dengan keyboard anda. Jika dalam keadaan terdesak, dan tidak sempat untuk memperbaikinya sendiri, anda bisa membeli keyboard external yang harganya berkisar Rp. 30.000 ke atas tergantung merek keyboard yang anda beli.

Selamat mencoba…. !!!

0 Response to "LAKUKAN INI UNTUK MENGATASI TOMBOL KEYBOARD LAPTOP TIDAK BERFUNGSI "