REVIEW SKRIPSI MENGENAI EFEK EKONOMIS KOPERASI PERTANIAN

Judul Skripsi : Pengaruh Pendidikan Perkoperasian Dan Pelayanan 
                Koperasi Terhadap Partisipasi Anggota Pada Koperasi 
                Simpan Pinjam (KSP) Argo Sumbing Mandiri 
                Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung.
Penulis         : Dhea Ayu Richinta Gania Siwi
Institusi/Universitas : Univesitas Negeri Yogyakarta
Tahun        : 2015

Latar Belakang
Koperasi dianggap sebagai soko guru perekonomian yang dikarenakan koperasi mampu sejajar dengan badan usaha lainnya dalam menghadapi liberalisasi ekonomi dunia. Sebuah koperasi harus memiliki sebuah peran antara pengurus koperasi dan anggotanya yang akan menentukan keberhasilan koperasi dalam hal pengembangan dan pertumbuhan koperasi. Rendahnya dan kurang mengetahui dengan baik sumber daya manusia Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Argo Sumbing Mandiri tentang perkoperasian yang akan menghambat perkembangan koperasi tersebut. Oleh sebab itu, setiap koperasi diharuskan memberikan pelatihan dan pendidikan perkoperasian kepada para pengurus maupun anggotanya yang disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh masing-masing.
Pelatihan dan pendidikan bukan hanya yang dibutuhkan oleh koperasi, namun kemampuan pengurus dalam melayani anggota juga sangat penting. Hal tersebut, akan berpengaruh nyata dengan kepuasan anggota dalam koperasi. Oleh sebab itu, dibutuhkan perbaikan dalam pelayanan koperasi, baik itu pelayanan keuangan maupun pelayanan lainnya.

Permasalahan
Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat diindentifikasikan beberapa permasalahan yakni:
  1. Rendahnya partisipasi Anggota dalam berkoperasi.
  2. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Agro Sumbing Mandiri masih rendah.
  3. Pendidikan dan pelatihan perkoperasi yang diberikan belum maksimal.
  4. Pelayanan yang diberikan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Agro Sumbing Mandiri masih rendah.
  5. SHU Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Agro Sumbing Mandiri mengalami penurunan dari tahun 2012 – 2013.


Metode yang digunakan
Penelitian ini termasuk jenis ex post facto, yang mana penelitian dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudia meranut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor permasalahan tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini yakni pendekatan Kuantitatif Korelasional karena bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas meliputi pendidikan perkoperasian dan pelayanan koperasi, sementara variabel terikat meliputi partisipasi anggotanya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (mengisi pertanyaan-pertanyaan angket) dan dokumentasi (tentang informasi struktur organisasi, kegiatan koperasi, dan keanggotaan koperasi melalui dokumentasi). 
Instrumen penelitian menggunakan uji validitas instrumen dan uji reliabilitas, sementara teknik analisis data yang digunakan, yakni analisis deskriptif, analisis kuantitatif, uji prasyarat analisis, uji normalitas, dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan uji parsial (uji-t), uji serentak (uji-f) dan koefisien determinan (R2).

Hasil dan pembahasan
Pengaruh pendidikan perkoperasi terhadap partisipasi anggota KSP Argo Sumbing Mandiri Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi linier sederhana menunjukkan koefisien regresi perkoperasian sebesar 0,799 (positif), sementara t hitung sebesar 10,524. Karena t < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan jika pendidikan perkoperasian sangat penting dan harus dipahami dengan baik oleh pengurus dan anggota dalam pastisipasi anggota pada KSP Agro Sumbing Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung. Pendidikan dan partisipasi anggota koperasi ini menjadi indikatir keberhasilan atau kegagalan koperasi dalam mengembangkan koperasinya. Oleh sebab itu, pendidikan ini sangat penting diperlukan untuk memberikan bekal yang memadai agar anggota secara aktif dan dinamis. 
Pengaruh pelayanan koperasi terhadap partisipasi anggota KSP Agro Sumbing Mandiri, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung berdasarkan hasil regresi linier sederhana sebesar 0,282 (positif) dan t hitung sebesar 3,466. Karena t < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pelayanan koperasi berpengaruh positid fan signifikan terhadap partisipasi anggota pada KSP Argo Sumbing Mandiri. Pelayanan koperasi ini sangat penting dalam menentukan partisipasi dan kepuasan dari anggota.
Pengaruh pendidikan perkoperasian dan pelayanan koperasi secara bersama-sama terhadap partisipasi anggota KSP Argo Sumbing Mandiri berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi berganda menunjukkan ada pengaruh pendidikan perkoperasian dan pelayanan koperasi terhadap pastisipasi anggota dengan F hitung sebesar 77,818 maka t < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi pendidikan perkoperasian dan pelayanan koperasi secara bersama-sama ini berpengaruh besar terhadap pertisipasi anggota dalam koperasi yang nantinya akan mempengaruhi kemajuan koperasi secara tidak langsung. 
Menurunnya SHU pada tahun 2012 – 2013 disebabkan pendidikan perkoperasian para pengurus dan anggotanya, dan pelayanan perkoperasian yang belum tersusun dengan baik. pendidikan perkoperasian yang diberikan oleh koperasi masih belum maksimal yang disebabkan tidak sesuainya dengan apa yang dibutuhkan oleh pengurus dan anggota koperasi. Pelayanan koperasi dalam bentuk pelayanan keuangan yang masih manual, sehingga jika ada kesalahan atau jatuh tempo tidak bisa diketahui dengan cepat dan anggota juga tidak bisa melaksanakan keuangannya dengan baik.

Kesimpulan
Terdapat pengaruh positif dan siginifikan pendidikan perkoperasian KSP Agro Simbing Mandiri dengan ditunjukkan nilai t hitung sebesar 10,514 dan koefisien regresi sebesar 0,799 (t<0,05) dan pelayanan koperasi dengan ditunjukkan nilai t hitung sebesar 3,466 dengan koefisien regresi 0,282 (positif). Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan siginifakn terhadap pastisipasi anggotanya. Sehingga, secara tidak langsung dapat memberikan kepuasan anggota dan perkembangan koperasi secara tidak langsung. 
Terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan dan pelayanan koperasi terhadap partisipasi anggota KSP Argo Simbing Mandiri dengan nilai F hitung sebesar 77,818 (F<0,05) dan koefisien determinasi sebesar 0,444 yang berarti sebesar 44,4% variasi pendidikan dan pelayanan koperasi dapat mempengaruhi partisipasi anggota dan sisanya yakni 55,6% diterangkan oleh variasi diluar model. Sementara itu, penurunan SHU pada tahun 2012-2013 ini diperngaruhi oleh pendidikan perkoperasian dan pelayanan koperasi yang kurang maksimal. Jika pendidikan dan pelayanan perkoperasi ini dapat dilaksanakan dengan baik dan maksimal maka dapat pengaruh terhadap peningkatan SHU yang akan dimiliki oleh koperasi dan kepuasan para anggota Koperasi Simpan Pinjam Agro Simbing Mandiri ini.

0 Response to "REVIEW SKRIPSI MENGENAI EFEK EKONOMIS KOPERASI PERTANIAN"