Perhatikan Hal-hal ini Sebelum anda Daftar LPDP | Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi dalam kegiatan pencarian beasiswa merupakan tahapan paling awal yang harus kita ikuti dan penuhi sesuai dengan kriteria yang ada. Namun, sering kali banyak pedaftar beasiswa masih banyak yang mengalami kegagalan, khususnya dalam beasiswa LPDP. Berikut ini akan saya share pengalaman saya dalam proses seleksi beasiswa LPDP.


Sebelumnya, saya adalah awardee LPDP 2019 batch 2 Afirmasi Bidikmisi dan kebetulan bukan dari universitas S1 yang terkenal seperti UI, UGM, ITB dan lain-lain. Melainkan saya berasal dari Universitas baru berdiri sekitar 7 tahun lalu dan alhamdulilah saya menjadi mahasiswa lulusan pertama kali yang lolos seleksi beasiswa LPDP ini.
So, jika kalian bukan dari universitas terkenal jangan minder ya… !!!
SILAHKAN DOWNLOAD PANDUAN BEASISWA LPDP DI HALAMAN LPDP KEMENKEU, KEMUDIAN DOWNLOAD JALUR MANA YANG INGIN KALIAN AMBIL KARENA SETIAP JALUR MEMILIKI PERSYARATAN YANG BERBEDA-BEDA.

Berikut ini hal-hal yang harus kalian perhatikan dalam seleksi Administrasi Beasiswa LPDP.
1.            IPK
Banyak sekali nih yang menanyakan IPK berapakah yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar beasiswa LPDP. Jawabannya adalah terserah, selama anda sudah lulus S1 atau S2 dari universitas anda, akan tetapi ini juga tergantung dari jalur yang ingin anda ikuti. Untuk jalur afirmasi bidikmisi dan keluarga prasejahtera berprestasi minimal IPK yang harus dipenuhi yakni 3,5 sementara untuk alur regular IPK minimal tidak ditentukan, bahkan IPK anda hanya 2, sekian tidak masalah selama anda dapat menyakinkan dan memberikan alasan yang baik saat anda wawancara nanti. Sementara, untuk jalur lain yang belum saya sebutkan diatas seperti santri, 3T dan lain-lain silahkan baca panduan dimasing-masing ya, karena setiap jalur persyaratan dan ketentuannya berbeda-beda.

2.            Ijazah
Banyak sekali yang tanya apakah ijazah harus kita pegang dulu (wisuda dulu)? Jawabannya TIDAK. Disini kalian bisa menggunakan Surat Keterangan Lulus berstempel dari Universitas kalian meskipun kalian belum wisuda. Ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri. Saya wisuda pada bulan Oktober 2019, akan tetapi LPDP buka sekitar bulan Juli 2019 dan saya menggunakan Surat Keterangan Lulus ketika mendaftar LPDP dan membawa Ijazah asli ketika proses wawancara. Selain itu, untuk transkip nilai bisa juga menggunakan KHS/KRS anda yang memiliki stempel asli jika transkip nilai anda belum keluar saat pendaftaran. Ini juga pengalaman pribadi saya dengan menggunakan KHS saya dari semester 1-7, kemudian saya scan dan saya gabung untuk mendaftar LPDP. Asalkan ada TTD asli ya…!!!

3.            Sertifikat Bahasa
Sertifikat Bahasa yang digunakan dalam seleksi LPDP banyak sekali misalnya TOEFL, IELTS, HSK, TOEIC, dll tergantung apa yang anda miliki. Sertifikat ini juga harus asli dan biasanya sertifikat Bahasa yang dikeluarkan oleh universitas kita S1 dulu tidak berlaku untuk mendaftar dan usahakan sertfikat berasal dari lembaga resmi yang mengeluarkan, misal Toefl dari ETC, IELTS dari British Council, IDP, dll. Untuk persyaratan minimal skor yang harus dicapai juga variatif tergantung dari jalur yang akan anda daftarka, misal untuk jalur afirmasi bidikmisi untuk pendaftaran kampus dalam negeri minimal skor toefl yang harus dicapai yakni 450, sedangkan untuk Luar Negeri harus mencapai 500. Skor Bahasa yang baik juga harus diimbangi dengan kemampuan yang baik ya, karena kemampuan anda berbahasa asing akan diuji di test SBK dan wawancara.

4.            Data Keluarga
Data keluarga anda juga harus diisi sejujur-jujurnya jangan sampai mengada-ada. Data keluarga biasa meliputi seputar data kedua orang tua, penghasilan orang tua, pekerjaan orang tua, dan lain sebagainya. So, isi dengan hati-hati dan lengkap ya..

5.            Data Sekolah
Data sekolah ini hanya sekilas saja misal nilai akhir kita ketika kita lulus SD-SMA beserta dengan asal sekolah dan kapan anda lulus. Akan tetapi untuk anda yang ingin mendaftar jalur 3T ada persyaratan khusus mengenai sekolah anda mulai SD-SMA akan berlaku. Silahkan anda lihat persyaratan diwebsite LPDP secara langsung.

6.            Organisasi dan prestasi
Hal ini sangat penting sekali dalam proses seleksi LPDP. Organisasi dan prestasi yang pernah anda dapatkan silahkan masukan semuanya. Saran saya masukkan saja organisasi anda dari SMA sampai kuliah yang pernah anda ikuti. Selain itu, ada pelatihan, pengalaman kerja, lomba atau kegiatan lain yang pernah anda ikuti selama anda didunia pendidikan. Jangan kecil hati jika anda memiliki prestasi yang sedikit dan jangan sombong ketika anda memiliki prestasi yang melimpah. Ingat seleksi LPDP bukan hanya untuk orang cerdas, melainkan untuk anda yang ingin berperan dan berkontribusi untuk negeri kedepannya.

7.            Universitas Tujuan
Universitas tujuan ini sangat penting dalam proses administrasi LPDP. LPDP telah menyediakan 3 pilihan universitas, jadi anda sebaiknya memilih 3 universitas jangan 1 atau 2 meskipun itu tidak dilarang, karena jika anda lolos dan mendaftar ke universitas tujuan 1 ditolak anda bisa mendaftar dipilihan universitas 2 atau 3. Selain itu, saat ini LPDP memberikan sangat sangat sangat sedikit sekali peluang anda untuk pindah universitas tanpa ada kasus khusus didalamnya. Untuk tujuan dalam negeri, tentu universitas tujuan juga hanya ada di Indonesia dan tidak boleh memilih diluar negeri, sementara luar negeri bisa memilih 3 universitas tujuan dengan berbeda negara. Misal pilihan 1 Australia, pilihan 2 Amerika, pilihan 3 Inggris, boleh juga 3 pilihan tersebut di negara yang sama.
NOTED : untuk teman-teman yang lulusan DIPLOMA-IV, sebaiknya anda cari tahu terlebih dahulu universitas tujuan anda menerima lulusan diploma atau tidak karena masih ada universitas yang tidak menerima lulusan diploma baik dalam dan luar negeri.

Sekian pemaparan administrasi saya dan semua hal diatas merupakan pengalaman saya secara pribadi. Jika ada pertanyaan lain silahkan cantumkan dikolom komentar atau hubungi contact us diatas ya…

Thanks… !!!!

0 Response to "Perhatikan Hal-hal ini Sebelum anda Daftar LPDP | Seleksi Administrasi"