Inilah Keuntungan yang akan Kalian Dapatkan jika Kuliah Di Luar Negeri


Apa keuntungan belajar atau kuliah di Luar Negeri??


Siapa sih yang tidak memiliki mimpi untuk belajar ke luar negeri? Pasti semua pelajar memiliki mimpi tersebut, baik di negera maju atau pun berkembang. Belakangan ini jumlah pelajar Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di Luar Negeri semakin meningkat, baik itu untuk sarjana, pasca sarjana maupun PhD atau doctoral. Banyak sekali negara tujuan utama pelajar Indonesia untuk melajutkan pendidikannya, seperti Amerika, Inggris, Australia, Jepang, Taiwan, Eropa, China dan lain sebagainya. Akan tetapi, apakah kalian tahu? Kelebihan ketika belajar di Luar Negeri? Yuk kita simak penjelasannya:

Kelebihan:
1.            Jurusan dan Bidang Study yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan
Perguruan tinggi yang berada di Luar Negeri sudah mulai melirik bidang study yang lebih spesifik dengan mempertimbangkan perkembangan zaman dan kebutuhan lapangan pekerjaan. Tidak heran, saat ini banyak pelajar Indonesia mulai melirik melanjutkan study lanjutya di Luar Negeri. Bahkan, tak jarang ada jurusan yang tidak familiar di Perguruan Tinggi Luar Negeri dibandingkan di Indonesia sendiri. Meskipun terkadang ada, akan tetapi masih bersifat general di Indonesia. Sebagai contoh, Teknik Sipil, di Luar Negeri menawarkan jurusan teknik sipil dengan sub subject yang terfokus pada material bahan baku atau yang lainnya. Sehingga akan lebih mendalami dan paham dengan dinamika jurusan yang ada.

2.            Lingkungan dan pertemanan yang mendukung
Lingkungan yang mendukung disini lebih mengarah pada kualitas pendidikan dan facilitas yang ditawarkan. Perguruan tinggi di Luar Negeri tentu tidak perlu diragukan lagi dengan ranking di dunia, bahkan di QS World Ranking University, kamu dapat melihat kualitas pendidikan, riset dan lain-lainnya di perguruan tinggi tujuan kalian. Di sana, kalian bias melihat kualitas atau pun peringkat perguruan tinggi, namun juga peringkat jurusan yang diminati di Dunia.
Selain itu, facilitas yang ditawarkan di sana juga sangat lengkap, tidak hanya mendapatkan perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap, bahkan kalian juga akan mendapatkan akses untuk publikasi ke jurnal international. Hal tersebut didukung dengan system pendidikan perguruan tinggi luar negeri yang lebih mengutamakan praktek dan riset secara berkala, sehingga pelajar akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

3.            Penguasaan dan Improvisasi Bahasa Asing
Hal ini tidak perlu diragukan lagi, ketika kalian ingin kuliah ke luar negeri tentu hal utama yang harus dipersiapkan Bahasa, baik itu Bahasa inggris atau Bahasa lainnya. Ketika pelajar Indoensia melanjutkan pendidikannya ke luar negeri, secara tidak langsung mereka akan meningkatkan kemampuan dalam berbahasa asing dengan cepat. Karena, setiap saat mereka harus dipaksa untuk berkomunikasi dan lain-lain menggunakan Bahasa tersebut. Selain itu, penguasaan Bahasa asing ini akan membantu sekali ketika pelajar tersebut sudah lulus.

4.            Hubungan atau jaringan pertemanan yang lebih luas
Alasan lainnya kenapa banyak pelajar yang memutuskan untuk belajar ke luar negeri yakni jaringan yang lebih luas, baik itu dalam lingkup pertemanan maupun rekan kerja. Di sana, kalian akan bertemu dengan tipe-tipe orang yang berbeda karakter budaya, sudut pandang dan lain sebagainya. Sehingga, secara tidak langsung jaringan dan hubungan pertemananmu akan semakin luas. Akan tetapi, hal ini terkadang tidak menjamin. Karena banyak pelajar Indonesia lebih memilih berteman dengan orang Indonesia yang belajar di luar negeri dibandingkan dengan orang-orang yang berasal dari negara lain. Oleh sebab itu, ketika kamu mempunyai kesempatan belajar di luar negeri usahakan untuk mencari teman selain dari negara asalmu.

5.            Jadi lebih mandiri dan berinisiatif dalam menghadapi setiap permasalahan
Kuliah Luar Negeri akan membuatmu semakin lebih mandiri dan survive by yourself secara otomatis. Ketika kita tinggal diluar negeri, kita dipaksa untuk jauh dari rumah, keluarga dan lingkungan, maka secara otomatis kita akan mengurus segala keperluan secara sendiri. Sehingga, kita akan lebih inisiatif dan inovatif dalam mengurus segala keperluan, bahkan masalah yang kita hadapi disana.

6.            Kemampuan manajemen keuangan yang baik
Karena biaya hidup di luar negeri bisa dikatakan belipat-lipat ganda mahalnya dari Indonesia. Para pelajar Indonesia diharuskan untuk dapat memanajemen keuangannya dengan baik. Para pelajar akan dihadapi harga bahan keperluan, perlengkapan ataupun makanan yang mahal adanya. Bahkan, tak jarang banyak yang melakukan kerja part-time untuk menambah uang jajan atau biaya hidup. Selain itu, sebagai pelajar Indonesia yang sebagian besar beragama Islam, maka harus hati-hati dalam memilih makanan. Apalagi makanan yang bersertifikat HALAL akan lebih mahal dibandingkan dengan makanan yang biasa. Be more patient and don’t wash your money for the things don’t you need.

7.            Sikap flexible dan open-minded
Hal ini sangat terbukti, karena adanya perbedaan budaya, pemikiran dan lain lain sehingga akan membuat sikap ke semua orang akan semakin terbuka. Tak jarang pada awal datang ke luar negeri sikap harus flexible dan mengikuti aturan dan kebiasaan di negara tujuan tersebut. Tak jarang, calon mahasiswa harus mencari informasi mengenai negara tersebut dengan detail, sehingga akan memberikan kemudahan kedepannya. Selain itu, mahasiswa lulusan luar negeri ataupun yang masih ongoing lebih open minded dalam segala kegiatan, masalah, dan lain-lain.

8.            Pengetahuan atau wawasan yang semakin luas
Tak perlu diragukan lagi wawasan yang didapatkan, jika kita bisa belajar diluar negeri. Tidak hanya pengetahuan tentang teori jurusan yang kita belajari, tapi juga praktikum dan riset yang dilakukan. Wawasan dan pengetahuan tersebut akan menjadi modal penting untuk pelajar tersebut. Selain itu, mahasiswa yang berkesempatan kuliah diluar negeri akan selalu mendapatkan diskusi session mengenai fenomena atau isu-isu terkini mengenai jurusan yang kita ampu. Maka, secara otomatis kita akan selalu mencari informasi dan mendapatkan informasi mengenai masalah tersebut juga solusi yang bisa ditawarkan.

Sekian untuk kelebihan ataupun keuntungan yang akan kita dapatkan ketika kita keluar negeri…. !!!


0 Response to "Inilah Keuntungan yang akan Kalian Dapatkan jika Kuliah Di Luar Negeri"