PROPOSAL BISNIS
“ TOKO AYE “
Disusun Oleh :
IMAM IMRONI (361541311063)
PROGRAM STUDY
D-1V AGRIBISNIS
POLITEKNIK
NEGERI BANYUWANGI
2015
BAB 1
PROFIL
USAHA
Nama Toko : Toko Roti AYE!!
Bidang Usaha : Produk
Makanan dan Minuman
Jenis Produk : Roti dan Es Krim Sayuran, Kacang, Buah dan Coklat
Alamat
Perusahaan : -
Nomor Telepon : 08XXXXXXXXX
Visi, Misi dan Tujuan Usaha.
Ø Visi
Menciptakan
sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik dan digemari oleh semua
kalangan.
Ø
Misi
·
Menghasilkan
produk yang sehat dan digemari.
·
Memberikan
pelayanan yang memuaskan.
Ø
Tujuan
·
Memperoleh
keuntungan
·
Menambah
pengalaman dan ilmu pengetahuan berbisnis dalam melakukan kegiatan usaha.
·
Mewujudkan
kemampuan dan kemantapan dalam berwirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan
masyarakat.
·
Membuka
lapangan pekerjaan bagi semua orang.
·
Membudayakan
semangat, sikap, perilaku dan kemampuan berbisnis dikalangan masyarakat,
khususnya para mahasiswa agar bisa diandalkan.
Produk
Produk yang kami tawarkan dalam usaha
ini, memiliki berbagai macam rasa yang dimiliki, seperti :
Ø Produk Selai
Roti :
~
Wortel
~
Ubi
Ungu/Ubi Jalar
~
Kentang
~
Kacang
~
Coklet
~
Sayuran
dan Buah-buahan lainnya.
Ø Produk Es Krim :
~
Wortel
~
Ubi
Ungu/Ubi jalar
~
Coklat
~
Mangga
~
Buah-buahan
lainnya.
A. Latar Belakang
Dewasa ini, bisnis kuliner menjadi salah
satu bentuk bisnis yang digemari dan cukup menjanjikan oleh semua kalangan.
Berbagai jenis makanan dan minuman bermunculan dengan ragam kreatifitas yang
menarik. Makanan dan Minuman bisa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki
cita rasa dan nilai jual yang tinggi. Salah satu makanan dan minuman yang
sering kita temukan adalah Roti dan Es Krim yang sangat digemari oleh semua
kalangan. Namun, Dengan tampilan dan rasa yang biasa tanpa ada sebuah inovasi
hanya akan membuat masyarakat jenuh.
Untuk itu, diperlukan sebuah inovasi baru dalam
mengolah Roti dan Es Krim sehingga penyajiaan dan rasanya akan membuat semua
orang semakin gemar untuk mengkomsumsinya dan menjadi salah satu makanan dan
minuman yang menyehatkan. Kami ingin mencoba mengkreasikan Roti dan Es krim
dengan Sayuran. Sebab, saat ini banyak sekali orang yang tidak suka
mengkonsumsi sayuran dengan berbagai alasan. Padahal, sayuran merupakan makanan
yang penting bagi pertumbuhan dan memiliki gizi dan vitamin yang beragam,
khususnya untuk anak-anak. Kelebihan Roti dan Es krim yang kami buat adalah memiliki
variasi rasa, antara lain : wortel, coklat, kentang, Ubi Ungu/ Ubi jalar, Kacang, dan Mangga.
B. Penjelasan Produk
Produk yang kami sediakan adalah Roti
dan Es Krim yang memiliki rasa yang bervariasi. Untuk Roti, kami memiliki
beberapa pilihan selai, yaitu Wortel, Kentang, Ubi Ungu, Coklat, Kacang.
Sementara Es Krimnya, kami memiliki beberapa rasa, yaitu Wortel, Ubi Ungu, Mangga,
Coklat.
Dalam masalah Roti, kami ingin membuat
sendiri, agar kesehatan dan kebersihan dapat kita jamin. Dalam pembuatan Roti,
Selai dan Es Krimnya, kami membuat terlebih dahulu. Sebab, pembuatannya cukup
memakan waktu dan agar para pelanggan
tidak menunggu terlalu lama. Jika konsumen, menginginkan Roti dan Es Krim
dikombinasikan, kami bisa membuatnya.
Cara membuat produk kami tidak jauh
berbeda dengan pembuatan Roti, selai dan Es Krim pada umumnya. Kami akan
menjelaskan cara membuat Roti kentang,
yaitu :
1.
Kupas
& Rebuslah kentang terlebih dahulu, lalu haluskan.
2.
Campurkan
tepung, susu bubuk, gula, ragi roti, lalu aduk hingga merata. Setelah itu
masukan Kentang yang sudah dhaluskan, aduk sampai rata.
3.
tuangkan
kedalam wadah, lalu tutup dan simpan ditempat yang hangat ± 30 menit. Tunggu
hingga adonan mengembang, ambil dan bentuklah sesuai dengan selera.
4.
Bentuk
adonan hingga habis, lalu oleskan kuning telur diatas permukaan adonan roti.
5.
Tatalah
dengan rapi adonan tersebut diatas loyang yang sudah diolesi minyak.
6.
Biarkan
sebentar sampai adonan mengembang kembali ± 10 menit
7.
Masukkan
adonan kedalam kedalam oven pada suhu 200 derajat celcius selama 15 menit,
hingga berwarna kuning kecoklatan.
8.
Angkat,
lalu belah roti tapi jangan sampai putus. Setelah itu, oleskan butter
diatasnya.
9.
Lalu
isilah belahan tersebut dengan selai sesuai dengan permintaan pelanggan
Kami bisa menambahkan makanan kecil pelengkap untuk
melengkapi produk kami.
C. Latar Belakang Bisnis
Alasan kami membuat produk ini karena saat ini Roti
dan Es Krim sangat populer sekali disemua kalangan. Tapi, Banyak sekali juga
kalangan yang tidak suka dengan sayuran. Padahal, sayuran mengandung zat dan
vitamin yang sangat penting bagi kesehatan kita, khususnya bagi anak-anak. Oleh
sebab itu, kami ingin mengkombinasikan makanan dan minuman yang populer dengan
sedikit tambahan sayuran. Agar orang yang tidak suka dengan sayuran bisa
menikmati sayuran dengan cara yang berbeda dan enak.
D. Tujuan
1.
Tujuan
Umum
~ Mendapatkan
keuntungan dari produk ini
~ Memperoleh
pengalaman yang berharga dalam memulai sebuah bisnis
~ Membudayakan
makan sayur kepada semua kalangan dengan cara yang mengasyikan.
~ Membuat produk
makanan dan minuman yang mempunyai inovasi dan disukai oleh kalayak umum
2.
Tujuan
Khusus
~ Untuk memenuhi
tugas mata kuliah pengantar bisnis
E. Potensi Bisnis
Produk kami ini memiliki sebuah peluang yang cukup
menjanjikan. Karena makanan ini sudah cukup dikenal dan digemari oleh semua
orang. Begitupun soal rasa, yang sudah membuat semua orang ketagihan. Jika
produk yang kita miliki masih ada sisa, kami bisa menggunakan lemari pendingin.
Bagi kami, sesuatu hal yang sudah familiar dikalangan masyarakat, maka akan
mudah untuk kita mendapatkan konsumen.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Analisis SWOT
1.
Faktor Internal
1.1.
Strength
(Kekuatan)
a.
Keunggulan
Produk
Kami
menawarkan makanan dan minuman yang berbahan sayuran yang merupakan salah satu
makanan yang sangat penting bagi tubuh manusia dengan rasa yang bervariasi
dengan harga yang cukup ekonomis untuk semua kalangan.
b.
Varian
rasa banyak
Kami
menawarkan banyak varian rasa sesuai dengan keinginan dan minat pelanggan.
Sehingga pelanggan tidak akan bosan datang.
c.
Produk
sudah Familiar
Produk-produk
yang kami jual ini sudah sangat familiar disemua kalangan, dan juga sangat
digemarinya. Sehingga akan relatif mudah untuk bisa menarik pelanggan untuk
membeli.
d.
Bahan
baku mudah didapatkan
Dalam
membuat produk kami, bahan bakunya mudah ditemukan. Khususnya sayuran dan bahan
untuk membuat rotinya. Kita bisa mendapatkannya di pasar-pasar
tradisional/modern, para petani, para tengkulak, para pengecer.
e.
Kreatifitas
Kami
menawarkan sebuah kreatifitas baru dalam mengolah sayuran dengan
mengkombinasikannya dengan makanan dan minuman yang digemari semua kalangan.
f.
Harga
terjangkau
Harga
dari produk kami sangat terjangkau bagi semua kalangan bahkan kepada para
Mahasiswa.
1.2.
Weakness (Kelemahan)
a.
Belum
memiliki cukup pengalaman dan pengetahuan tentang bisnis
Pengalaman
dan pengetahuan kami dalam memulai bisnis masih sangat minim, ini menjadi
sebuah titik kelemahan yang harus diatasi agar bisa mengatasi arus dalam sebuah
bisnis.
b.
Kurangnya
Sumber Daya Modal
Modal
yang kami miliki tidak ada. Kami hanya bisa mengandalkan dana keuangan yang
diberikan oleh orangtua kami. Dan itu sangatlah tidak cukup untuk membiayai
semuanya.
c.
Kurangnya
Sumber Daya Manusia
Keterbatasan
sumber daya manusia sebagai produsen atau pembuat produk. Dan juga kurangnya
keterampilan yang kami miliki untuk pembuatan produk kami itu sendiri.
d.
Faktor
tempat
Tempat
sangat mempengaruhi produk yang kami lakukan. Tempat yang baik bisa dilihat dan
mudah diketahui oleh semua orang. Sehingga akan meningkatkan permintaan.
e.
Kenaikan
Bahan baku.
Kenaikan
bahan bau sangat menentukan keuntungan dan jumlah produk yang bisa kami
hasilkan. Sehingga jika bahan baku naik, maka akan membuat keuntungan menurun
bahkan bisa mengakibatkan kenaikan harga jual produk.
2.
Faktor Eksternal
2.1
Opportunities
(Peluang)
a.
Banyaknya
Konsumen
Banyaknya
masyarakat yang menggemari makanan dan minuman produk kami, sehingga akan
banyak konsumen yang akan datang. Ditambah lagi produk yang kami tawarkan
merupakan variasi yang belum diketahui oleh orang secara luas, sehingga akan
membuat setiap orang akan penasaran.
b.
Sistem
Pemasaran
Dalam
memasarkan produk kami. Hal pertama yang kami lakukan adalah melalui mulut ke
mulut, media internet (Facebook, Twitter, Instagram, BBM, line dll), media
Radio, Brosur/selembaran. Dalam promosi mulut ke mulut kami akan menjelaskan
tentang seperti apa produk kami. Sehingga promosi yang kami lakukan akan bisa
tersampaikan dengan baik.
c.
Sistem
Pesan Antar
Kami
juga menyediakan jasa pesan antar kepada para pelanggan, mahasiswa & dosen
Poliwangi yang tidak bisa datang secara langsung ketempat kami melalui media
SMS, telepon dan BBM. Dengan catatan jarak tempat hanya -5KM dari toko kami,
Agar produk kami bisa tetap segar.
2.2
Threats
(Ancaman)
a.
Keacuhan
Konsumen
Terkadang
pada saat promo berjalan, kami akan selalu menemukan konsumen yang acuh dan
tidak menganggap, ini akan menjadi sebuah pelajaran yang berharga bahwa tidak
semua orang bisa menerima kita dengan baik.
b.
Banyaknya
Pesaing
Pesaing
dalam produk kami sangat banyak, khususnya bagi toko yang sudah lama berdiri
& berpengalaman. Untuk melawan pesaing seperti ini. Kami berusaha untuk
menyediakan kualitas produk yang baik dan pelayanan yang memuaskan. Inilah
pioritas utama kita dalam menjalankan usaha ini.
BAB III
PERENCANAAN BISNIS
A. Rencana Usaha
Adapun
rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini, sebagai berikut :
1.
Rencana
Jangka Pendek
Usaha
bisnis Roti dan Es Krim yang kami rintis ini targetkan kepada para mahasiswa
dan dosen Poliwangi. Selain itu dari usaha ini kami bertujuan untuk menambah
pengalaman kerja dan pengetahuan tentang usaha bisnis bagi sesama mahasiswa
maupun kalangan umum, selain itu dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat
dijadikan suatu usaha yang cukup menjanjikan dimasa yang akan datang.
2.
Rencana
Jangka Menengah
Usaha
yang ingin kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian
kami, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar
dan pemasaran menjadi kunci utama dan awal untuk melanjutkan usaha kami kedepannya.
Untuk itu jika usaha yang kami rintis ini bisa diterima dengan baik, kami ingin
membuat perluasan jaringan dan menambah variasi dari produk kita. Pelanggan
merupakan raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi hal yang paling utama
dari segalanya. Tidak lupa kami juga akan tetap mempromosikan produk kami.
3.
Rencana
Jangka Panjang
Setelah
berhasil mendapatkan pelanggan setia dan mendirikan usaha ini, kami akan lebih
banyak meningkatkan variasi rasa, mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak
lupa kami juga mencari dan membangun jaringan dengan pabrik roti/Toko roti dan
para petani. Agar kami lebih mudah untuk mendapatkan bahan baku dan roti yang
berkualita, sehingga usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam bahan baku
dan saat beroperasi.
B. Pembiayaan
a.
Biaya
Tetap (Fixed Cost)
Biaya
tetap yang kami butuhkan untuk usaha kami, antara lain :
1.
Sewa
tempat (1 bulan) : Rp.
500.000
2.
Kompor
gas (2 buah) : Rp.
500.000
3.
Tabung
Gas 3 Kg (2 buah) : Rp.
35.000
4.
Panci
(2 buah) : Rp.
120.000
5.
Wajan : Rp.
80.000
6.
Blender : Rp.
150.000
7.
Teflon
(2 buah) : Rp.
100.000
8.
Oven
(1 buah) : Rp.
200.000
9.
Spatula
(2 buah) : Rp.
50.000
10. Parutan (2 buah) : Rp.
40.000
11. Pisau (2 buah) : Rp.
45.000
12. Sendok &
Garbu (Masing-masing 2 lusin) : Rp.
150.000
13. Piring (2 lusin) : Rp. 120.000
14. Gelas (2 lusin) : Rp.
80.000
15. Nampan dan Baskom
(2 buah) : Rp. 60.000
16. Benner (2 Meter) : Rp.
100.000
17. Meja (5 buah) : Rp. 500.000
18. Tikar : Rp.
150.000
19. Taplak meja (5
buah) : Rp.
100.000
20. Tisu (5 kotak) : Rp.
50.000
21. Kulkas : Rp.1.500.000
Jumlah : Rp.4.630.000
b.
Biaya
Variabel (Variable Cost)
Biaya Variabel
yang kami rencanakan selama 5 hari :
NO
|
NAMA BARANG
|
JUMLAH
|
HARGA
|
1
|
Kentang
|
1 Kg
|
Rp 8.000
|
2
|
Ubi Ungu/Ubi jalar
|
2 Kg
|
Rp 16.000
|
3
|
Wortel
|
2 Kg
|
Rp 20.000
|
4
|
Kacang
|
1 Kg
|
Rp 12.000
|
5
|
Mangga
|
1 Kg
|
Rp 6.000
|
6
|
Coklat batangan
|
5 batang
|
Rp 50.000
|
7
|
Tepung terigu ∆
|
1 Kg
|
Rp 15.000
|
8
|
Gula pasir
|
3 Kg
|
Rp 36.000
|
9
|
Telur
|
1 Kg
|
Rp 12.000
|
10
|
Minyak Goreng
|
1 botol
|
Rp 15.000
|
11
|
Fernipan
|
3 bungkus
|
Rp 7.500
|
12
|
Susu Bubuk
|
3 bungkus
|
Rp 4.500
|
13
|
Garam
|
1 bungkus
|
Rp 1.500
|
14
|
Meises
|
5 bungkus
|
Rp 20.000
|
15
|
Gula merah
|
½ Kg
|
Rp 5.000
|
16
|
Butter
|
1 sachet
|
Rp 6.000
|
17
|
Jeruk lemon
|
½ Kg
|
Rp 4.000
|
18
|
Asam sitrat
|
1 botol
|
Rp 20.000
|
Jumlah
|
Rp 258.500
|
c.
Biaya
Total
Biaya Total =
Biaya Tetap (Fixed Cost) + Biaya Variabel (Variabel Cost)
= Rp.
4.630.000 + Rp 258.500
= Rp. 4.888.500,-
d.
Biaya
dan Harga per unit
· Roti kentang
Ø Ukuran kecil :
Harga
jual per unit : Rp.2.000
Penambahan
Selai :
-
Wortel
Harga
jual : Rp. 3000
-
Ubi
Ungu/Ubi Jalar lainnya
Harga
jual : Rp. 3.000
-
Kacang
Harga
jual : Rp. 4.000
-
Coklat
Harga
jual : Rp. 4.000
Ø Ukuran Besar :
Harga
jual per unit : Rp. 5.000
Penambahan
Selai :
-
Wortel
Harga
jual : Rp. 7000
-
Ubi
Ungu/Ubi Jalar lainnya
Harga
jual : Rp. 7.000
-
Kacang
Harga
jual : Rp. 8.000
-
Coklat
Harga
jual : Rp. 8.000
· Es Krim
-
Wortel
Harga
jual : Rp. 3.000
-
Ubi
Ungu/Ubi jalar
Harga
jual : Rp. 3.000
-
Coklat
Harga
jual : Rp. 5.000
-
Mangga
Harga
jual : Rp. 5.000
e.
Modal
awal
Dalam modal awal
ini, kami masih belum mendapatkannya. Rencananya kami ingin menggunakan jasa
yang ada dikampus atau bank, mauapun para Investor dengan menjelaskan usaha
yang akan kami jalankan ini bisa berjalan dengan lancar. Kira-kira kami
membutuhkan modal awal sebesar Rp. 5.000.000, dan sisanya kami akan gunakan
untuk membeli biaya variabel yang perlu tambahan sewaktu-waktu jika diperlukan.
f.
Analisis
keuntungan
Biaya Variabel :
Rp. 258.500, mampu menghasilkan kira-kira 50 buah roti ukuran kecil dan 30 buah
roti ukuran besar. Sementara sebanyak bahan yang kami sediakan tersebut,
kira-kira kami bisa menghasilkan Es Krim sebanyak 40-50 porsi.
HPP :
Jika yang
terjual hanya Roti tanpa selai dan Es Krim Mangga, maka :
1.
Roti
kentang ukuran kecil : Rp.
2.000 X 50 buah : Rp. 100.000
2.
Roti
kentang ukuran besar : Rp. 5.000 X 30 buah : Rp.
150.000
3.
Es
Krim Mangga : Rp. 5.000 X 40 buah : Rp. 200.000
Total HPP : Rp. 450.000
Keuntungan = Total
biaya – Biaya variabel
= Rp. 450.000 – Rp. 258.500
= Rp. 191.500
Jika yang terjual
Roti, Selai Wortel dan Es Krim Wortel, maka :
1.
Roti
& Selai wortel ukuran kecil : Rp.
3.000 X 50 buah : Rp. 150.000
2.
Roti
& Selai Wortel ukuran besar : Rp. 7.000 X 30 buah : Rp. 210.000
3.
Es
Krim Wortel :
Rp. 3.000 X 40 buah : Rp. 120.000
Total HPP :
Rp. 480.000
Keuntungan = Total
biaya – Biaya variabel
= Rp. 480.000 – Rp. 258.500
= Rp. 221.500
Jika yang
terjual Roti dan Selai Ubi Ungu/Ubi Jalar Lainnya, maka :
1.
Roti
& Selai Ubi ukuran kecil : Rp. 3.000 X 50 buah : Rp. 150.000
2.
Roti
& Selai Ubi ukuran besar : Rp. 7.000 X 30 buah : Rp. 210.000
3.
Es
Krim Ubi Ungu/ Ubi Jalar : Rp. 3.000 X
40 buah : Rp. 120.000
Total HPP :
Rp. 360.000
Keuntungan = Total
biaya – Biaya variabel
= Rp. 480.000 – Rp. 258.500
= Rp. 221.500
Jika yang
terjual Roti dan Selai Kacang, maka :
1.
Roti
& Selai Kacang ukuran kecil : Rp. 4.000 X 50 buah : Rp. 200.000
2.
Roti
& Selai Kacang ukuran besar : Rp. 8.000 X 30 buah : Rp. 240.000
3.
Es
Krim Mangga :
Rp. 5.000 X 40 buah : Rp. 200.000
Total HPP
: Rp. 640.000
Keuntungan = Total
biaya – Biaya variabel
= Rp. 640.000 – Rp. 258.500
= Rp. 381.500
Jika yang
terjual Roti dan Selai Coklat, maka :
1.
Roti
& Selai Coklat ukuran kecil : Rp. 4.000 X 50 buah : Rp. 200.000
2.
Roti
& Selai Coklat ukuran besar : Rp. 8.000 X 30 buah : Rp. 240.000
3.
Es
Krim Coklat :
Rp. 5.000 X 40 buah : Rp. 200.000
Total HPP :
Rp. 640.000
Keuntungan = Total
biaya – Biaya variabel
= Rp. 640.000 – Rp. 258.500
= Rp. 381.500
Jadi, kita akan
mendapatkan keuntungan yang tertinggi. Jika kami mampu menjual Roti kentang
selai Kacang dan Coklat dan Es Krim mangga dan Coklat.
g.
Pengembalian
Modal
Jika selama 5
hari bisa menjual Roti kentang selai Kacang dan Coklat dan Es Krim mangga dan
Coklat secara total, maka kami bisa mengembalikan modalnya, selama sebagai berikut
:
Pengembalian
modal = Total Modal : Total keuntungan
= Rp. 5.000.000
: Rp. 381.500
= 13 kali produksi
C. Analisis pasar dan Pemasaran
1.
Target
Pasar
Usaha ini, kami
ingin ditempat-tempat yang strategis dan sering dilewati oleh masyarakat, baik
masyarakat lokal maupun non lokal, seperti : jalan raya, Pasar Rogojampi,
Alun-alun Banyuwangi, Kampus Politeknik Banyuwangi dan tempat keramaian
lainnya.
2.
Pesaing
Terdapat banyak
pesaing dari usaha yang ingin kami jalani, akan tetapi disinilah kreatifitas
kita diuji, bagaimana cara kita menarik konsumen tanpa membuat pesaing iri
dengan tindakan kita. Namun, kekeluargaan harus dijaga, akan persaingan
berjalan dengan sehat tanpa menjatuhkan satu sama lainnya.
3.
Sasaran
Pembeli
Dalam
menjalankan usaha ini, sasaran konsumen kami mencakup semua kalangan, baik
kalangan bawah, menengah maupun atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian
besar mampu untuk membeli produk kami. Karena, harga yang kami tawarkan mulai
Rp. 2.000 – Rp. 10.000 sesuai dengan jenis yang diinginkan.
D. Rencana Bisnis
a.
Strategi
Pemasaran
1.
Dari
Mulut ke Mulut
Promosi
ini sangatlah sederhana dan tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukannya.
Cukup bercerita kepada teman, tetangga, keluarga untuk membantu
mempromosikannya. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai pelanggan
maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk datang dan
membelu produk kami.
2.
Dengan
Media Internet/Media Sosial
Dengan
kemajuan teknologi, kami akan menggunakan media internet, seperti : Facebook,
Twitter, Instagram, Blog dll. Karena sebagian besar orang sudah menggunakan
media internet dalam kehidupannya sehari-hari.
3.
Siaran
Radio
Dengan
siaran radio kita bisa mempromosikan produk kami. Dengan cara, mengirim SMS
request lagu dan diakhiri dengan titip salam yang ditujukan kepada Toko kami.
Sehingga, kita hanya mengeluarkan sedikit biaya.
4.
Pengembangan
Pasar
Jika
produk kami sudah memiliki banyak pelanggan dan digemari, kami ingin memperluas
jangkauan usaha kita lebih luas lagi, dengan membuat cabang-cabang usaha
didaerah lain. Dengan harapan usaha ini semakin dikenal oleh masyarakat luas
dan mengurangi pengangguran yang ada.
5.
Pengembangan
Produk
Pengembangan
produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada dipesaing
lain. Selain itu, kami juga berharap tidak hanya menjual roti dan Es krim saja,
tapi juga makanan dan minuman lainnya. Bahkan juga Roti dari negara-negara lain
yang ada didunia. Sehingga jangkauan pasar memiliki semakin luas, dan tingkat
loyalitas pelanggan semakin erat dan meningkat.
b.
Langkah-langkah
Promosi
Untuk menarik
minat konsumen agar membeli produk kami, kami memiliki berepa cara tertentu :
· Pada malam
minggu, kami akan memebrikan potongan harga kepada konsumen dengan membeli Roti
dan Es Krim 2 porsi diatas Rp. 10.000, maka kami akan memberikan diskon sebesar
10%
· Apabila konsumen
membeli Roti dan Es Krim 4 bungkus, maka kami akan memberikan Segelas Es Krim
secara gratis
· Apabila konsumen
membeli Roti dan Es Krim 8 bungkus, maka kami akan memberikan dua gelas Es Krim
dan Sepotong Roti secara gratis.
c.
Strategi
penetapan Harga
Harga
merupakan variabel yang sangat penting dalam dunia bisnis. Harga biasanya
menunjukkan kualitas dari suatu produk dan juga menjadi acuan tentang bagaimana
produk itu seharusnya dilihat. Harga yang kami patok disini kami sesuaikan
dengan masyarakat kelas menengah ke bawah dan juga kantong para mahasiswa. Kami
juga akan berfokus pada kualitas dari produk kita, dan tidak hanya fokus dalam
mencaro keuntungan saja. Bagi kami keuntungan akan datang, jika produk kita
memuaskan pelanggan.
d.
Analisis
Operasional
Adapun beberapa
rencana produksi yang akan kami jalankan :
1.
Desain
Produk
Desain
produk yang kami usahakan adalah membuatnya semenarik mungkin, agar para
konsumen tidak bosan dengan tampilannya. Dan jika untuk konsumen yang masih
anak-anak. Kami ingin membuat desain produk yang lucu dan menarik, agar
anak-anak tertarik untuk memakannya
2.
Tempat
usaha
Tempat
usaha kami ingin membuatnya simple dan nyaman sehingga para konsumen betah
disana. Dan untuk tempatnya, kami ingin berada ditepi jalan agar para konsumen
dengan mudah menjangkaunya dan dialun-alun kota.
3.
Pengawasan
Kualitas
Dalam
mengontrol kualitas produk dari usaha kami ini agardapat dikonsumsi oleh
konsumen dengan baik dan aman. Kami akan mengecek bahan baku secara berkala dan
membeli kepada penjual yang terpercaya.
BAB IV
PENUTUP
Demikianlah
proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat
bermanfaat bagi semua pihak. Tidak lupa kami mengucapkan kepada Tuhan YM,
karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal
bisnis kami ini.
Semoga proposal
ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahapan awal
kami dalam memulai usaha ini. Dengan selesainya proposal ini, kami berharap
dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan dan bisa
menjadi wirausahawan yang sukses.
Segala kritik
dan saran yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami
menyadari bahwa proposal ini masih jaug dari kata sempurna. Atas segala
perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
1 Response to "Contoh Proposal Usaha Bisnis Makanan dan Minuman"
Mantap ni buat contoh p4oposal...
Posting Komentar